Edisi Sejuta Domain bersama Klub Buku dan Blogger

September 18, 2016



Klub buku dan blogger merupakan salah satu klub resmi dibawah naungan komunitas Backpacker Jakarta. Klub yang 80% isinya adalah suka membaca dan menulis (mau belajar menulis bila merasa belum pede dengan tulisannya). Setiap bulannya klub tersebut mengadakan kopi darat atau biasa disebut dengan kopdar. Kopdar kali ini cukup unik, karena terdapat PR yang mengharuskan seluruh anggotanya untuk menulis. Baik itu yang datang kopdar ataupun tidak datang kopdar tersebut. Dan sang admin, Dede Ruslan, memberikan hukuman bagi yang tidak mau menulis kali ini. Hukuman bagi yang tidak mau menulis adalah di 'kick' dari grup untuk sementara sampai mau menulis kembali. Awalnya sih saya ngerasa agak kejam sih ya, tapi balik lagi ke tujuan awal masuk kedalam klub ini adalah mau 'membaca ' dan 'menulis' bukan hanya 'ada' dalam grup tersebut.


Saya merupakan bagian yang ikut kopdar, tadinya saya enggak mau dateng, mau bobo cantik dirumah, tapi saya tersentuh hatinya ketika sang admin dengan baik dan rajinnya japri para member untuk mengingatkan kopdar tersebut. Lagipula pas saya lihat tema kopdar bulan ini cukup seru yaitu tentang domain dan hosting, bertempat di PT Qwords company, perusahaan penyedia web design, web hosting, blog hosting dan registrasi domain name. Sang pembicaranya juga langsung dari perusahaan tersebut. Sebagai orang yang merasa awam dengan hosting dan lain-lain, saya merasa wajib untuk datang ke kopdar tersebut.

Dengan anggun dan cantiknya saya datang ke perusahaan tersebut, bertempat di gedung Cyber lantai 3. Sesampainya disana ternyata sudah banyak anggota yang datang. Dan yang lebih terkejutnya lagi, PT Qwords menyediakan camilan untuk para tamu. Duh, bahagia banget kan udah dapat ilmu gratis, dapat makanan lagi. Sering aja di adain kopdar macem gini! (minta dihajar)

Sesi pertama dimulai dengan pengenalan apa itu domain dan hosting, Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Hosting adalah space harddisk dalam komputer server  yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web. Penjelasan dijelaskan dengan perlahan dan video animasi yang cukup menarik. Jadi, semua yang datang fokus dan enggak kemana-mana fikirannya (kecuali saya yang fikirannya kemakanan).

Jadi, pemerintah melalui kementrian informasi dan komunikasi sedang meluncurkan program sejuta domain .id sumber (https://www.domainesia.com/blog/2015/07/kemkominfo-bagi-bagi-sejuta-domain-indonesia-gratis/). Seperti yg kita tahu domain itu ada banyak mulai dari .com .org .net .info .travel .co .co.id .sch.id dan sekarang ini ada domain .id. 

Nah, PT Qwords company ini merupakan salah satu perusahaan yang bekerja dengan pemerintah dalam program sejuta domain. Bukan hanya ilmu tentang alur domain, hosting, dan lain-lain yang didapat, tapi juga di berikan free domain .id selama satu tahun dengan hosting sebesar 500mb. Keren kan? Udah dapat ilmu gratis dapat free domain juga!

Selain dapat ilmu, juga dapat hadiah loh! Jadi sang admin bawa hadiah nah pertanyaannya dari humas PT Qwordsnya, ada sekitar 3 pertanyaan. Pertanyaannya tentang perusahaan tersebut juga tentang program sejuta domainnya. Kalo simak dari awal pasti bisa jawab. DAN SAYA SALAH SATU YANG BERUNTUNG LOH! YEAY! 




Lumayan dapat Conan
PS: Makasih akang Dede :P

Oh iya, untuk kalian yg masih penasaran gimana cara daftar atau sekedar ingin tau tentang domain .id bisa cek di websitenya langsung yaitu https://daftarhosting.id 


Sekian tulisan kali ini, oh iya tulisan ini emang niat nulis yah bukan karena PR Kubbu, sampai jumpa lagi dikopdar selanjutnya! 


You Might Also Like

2 comments