Hidup AADC!

November 14, 2014

Ada apa dengan cinta?


Yups, golongan generasi anak 90an pasti tahu dong itu film apa. Ada apa dengan cinta merupakan judul film yang sangat hits di tahun 2002an kalau tidak salah. Saya juga lupa detailnya karena saat film ini release, saya sendiri masih SD. Masih imut-imut enggak jelas tapi yang pasti jauh dari amit-amit.

Saya inget banget deh, dulu saya penasaran banget sama film ini. Awalnya saya penasaran bukan karena ceritanya, tapi karena lagunya. Hahahaha. Ost film ini yang nyanyiin itu Melly Goeslaw sama Anto Hoed. Duh, lagu kebangsaan banget deh. Lagu ini banyak yang nyanyiin dan video clipnya diputerin dimana-mana. Karena cuplikan-cuplikan dari video clip lagu inilah yang buat saya penasaran. Ya Cuma gimana ya, waktu film ini relase saya masih SD gitu kan. Enggak mungkin banget kan saya kebioskop terus nonton film cinta-cintaan gitu. Apalagi kalo enggak salah saya kelas 4 SD deh film ini release. Jadi saya harus puas nonton film ini di vcd yang dibawa kakak sepupu saya, nonton ramai-ramai berjamaah dirumah.

Film ini sih bercerita tentang Cinta dibintangi oleh Dian Sastro, cewek remaja, anak SMU yang jago buat puisi gitu. Terus dia masukin puisinya ke lomba, dia udah optimis banget deh menang eh engggak taunya yang menang bukan dia, tapi Rangga, dibintangi oleh cowok yang gantengnya enggak ada obat yaitu Nicholas Saputra. Rangganya sendiri tuh cuek banget menang, karena yang memasukan puisinya ke lomba tersebut bukan dia sendiri tapi pak Wardiman, penjaga sekolah yang sangat dekan dengandia. Nah, dari situ deh mulai tumbuh benih-benih cinta. Awalnya Cinta sama Rangga musuhan karena Rangga enggak mau diwawancarai oleh mading (Cinta anak mading), karena Rangga enggak merasa menang dan ikut lomba tersebut karena memang bukan dia yang memasukan puisi tersebut ke perlombaan. Yaudah deh, awalnya Cinta sama Rangga musuh-musuhan, terus ya deket-deketan deh. 

Singkat ceritanya si Rangga harus ke New York, dan ninggalin Cinta gitu deh. Tapi doi janji bakal balik lagi ke Cinta dalam satu purnama buat mempertanyakan cintanya. Duh romantis banget deh. Udah nonton aja deh filmnya soalnya kalo saya jelasin panjang lebar bakal butuh beberapa kali purnama buat ngetikin ini karena emang yang mau saya bahas bukan tentang cerita dalam filmnya. Tonton aja deh filmnya sendiri biar greget, hahahaha!

Waktu dulu saya nonton film ini sih rasanya saya biasa aja. Saya lebih tertarik sama lagu-lagu yang menjadi soundtrack film ini. Kalo jaman dulu saya afal kali ya sealbum lagu-lagunya. Jangankan lagunya, puisinya aja saya hafal. Cuma puisi terakhirnya aja tuh yang enggak saya hafal. Kalo yang tentang seseorang saya mah afal banget hahaha. nih puisinya Rangga yang dijadiin lagu sama Cinta.


Kulari kehutan kemudian menyanyiku Kulari kepantai kemudian teriakku Sepi, sepi dan sendiri aku benci Aku ingin bingar aku ingin dipasar Bosan aku dengan penat Enyah saja kau pekat Seperti berjelaga jika ku sendiri Kenapa tak pecahkan saja gelasnya? Biar mengaduh sampai gaduh Ada malaikan menyulam jaring laba-laba belang ditembok keraton putih Kenapa tak goyangkan saja loncengnya? Biar terdera! Atau aku harus lari kehutan, belok kepantai? Bosan aku dengan penat Enyah saja kau pekat Seperti berjelaga jika ku sendiri

Nah itu sekelebat puisinya Rangga, kalo mau tau gimana nadanya ya download aja sendiri!

Dulu yah, saya liat Nicholas Saputra kayaknya biasa aja yah. Menurut saya malah enggak ganteng dan saya heran, kok bisa ya yang kayak gitu digemari banyak orang. Wong abis nonton film ini sepupu-sepupu saya histeris dan ya gitu lah. Udah kayak kerasukan arwah rangga.

Tapi, makin saya bertambah umur, makin dewasa, ya makin tua lah. Saya ngerasa kalo NICHOLAS SAPUTRA GANTENG BANGET, SUMPAH! Beberapa kali saya nonton AADC di dvd dan sampai download filmnya lagi di internet. Dan duh, saya rasanya lemes gitu tiap liat Nicholas Saputra, bawaannya pingin jadiin pacar aja.

Nah, sekarang, tahun 2014 ini. Ada mini film lanjutannya. Disponsori sama line gitu deh. Saya juga kurang ngerti, kerja sama apa gimana sama line. Pokoknya ini film 15 menit kurang lebih lah. Disini tuh ceritanya si Rangga udah jadi fotografer di New York, terus harus ada kerjaan yang mengharuskan si Rangga balik ke Indonesia selama 2 hari. Nah singkatnya si Rangga ngeline Cinta. 

Si Rangga cuma ngeline, “Cinta?” dan jreng jreng jreng. Hati Cinta langsung terombang-ambing. Padahal cuma nyapa gitu aja yah langsung galau seketika. Gimana kalo si Rangga ngeline “Cinta apa kabar? Masih mau sama saya?” deuh bukan terombang-ambing lagi, udah joget hura-hura kali ya. Tapi yah, makna yang diambil dari mini film ini adalah si Rangga tukang php selama 12 tahun. Ngilang enggak ada kabar dan seenaknya dateng kembali. Sementara, si Cinta adalah wanita yang super setia selama 12 tahun. 12 tahun digantungin. 12 tahun menanti sang pujaan hati yang tiada jelas kabar dan beritanya. 

Ya sebenernya sih enggak heran kalo si Cinta nunggu selama 12 tahun itu, orang yang ditunggu itu macem Rangga, GANTENG DAN COOL BANGET. Ya saya juga kalo yang saya tunggu itu si macem Rangga alias Nicholas Saputra selama 12 tahun juga saya mau dah asal jelas. Hahahaha. Tapi ya, salut saya sama Cinta lah. Digantungin 12 tahun coy! Lah saya, digantungin 2 bulan aja udah anyep-anyep minta kepastian, gimana yang 12 tahun. Setia sekali dia! Film ini juga masih kentel sama puisi-puisi gitu, terus ada kilasan AADC 2002 juga. Nih puisi yang saya suka pas mereka ketemu lagi di bandara.

Detik tidak pernah berjalan mundur, tetapi kertas putih itu selalu ada. Waktu tidak pernah berjalan mundur dan hari tak pernah terulang. Tetapi pagi selalu menawarkan cinta yang baru. Untuk semua pertanyaan yang belum sempat terjawab
Film lanjutan AADC ini hits banget. Dimana-mana banyak yang buat parodinya gitu. Ada juga yang buat gambar-gambar manis tentang puisi Cinta-Rangga dibandara setelah 12 tahun tidak bertemu. Intinya akhir-akhir 2014 ini hits banget lagi sama AADC.

Bahkan, sampai sepupu-sepupu saya yang udah nikah itu, yang dulu waktu nonton AADC bareng itu masih single, masih jomblo, ikutan histeris nonton mini film terusan AADC. Sayang seribu sayang filmnya cuma beberapa menit, kalau dibuat film yag durasinya lama dan ditayangin dibioskop lagi, pasti heboh banget deh. Dan saya yakin bakal jadi film paling hits tahun 2014 ini. Secara pas tahun 2002 dulu aja heboh banget, gimana sekarang? Dan saya sangat sangat berharap film ini bener-bener ada lanjutannya. Pasti seru banget deh!

Yah, kelamaan nulis begini saya jadi galau lagi. Ngegalauin si Rangga. Kapan ya saya punya cowok yang gantengnya kayak Rangga?

Dan ini puisinya Rangga yang buat saya galau klimaks

Perempuan datang atas nama cinta Bunda pergi karena cinta Digenangi air racun jingga adalah wajahmu Seperti bulan lelap tidur dihatimu Yang berdinding kelam dan kedinginan Ada apa dengannya Meninggalkan hati untuk dicaci Baru sekali ini aku melihat karya surga dalam mata seorang hawa Ada apa dengan cinta Tapi aku pasti akan kembali Dalam satu purnama Untuk mempertanyakan kembali cintanya Bukan untuknya Bukan untuk siapa Tapi untukku Karena aku ingin kamu Itu saja

*) Sumber gambar: google.co.id

You Might Also Like

0 comments